Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama Apakah reseptor pada zona pelusida menghambat aktivator jika ada sperma dari spesies lain

Apakah reseptor pada zona pelusida menghambat aktivator jika ada sperma dari spesies lain

Tidak, mencit (Mus musculus) merupakan salah satu jenis mamalia yang sering dijadikan sebagai bahan uji dalam penelitian khususnya di bidang biologi.

Penjelasan:

Zona pelusida merupakan lapisan glikoprotein yang membantu memfasilitasi spermatozoa untuk melakukan reaksi pengikatan dan akrosom. Reaksi akrosom dimediasi oleh ligan ZP3 atau protein zona pelusida yang berfungsi sebagai reseptor sperma. Enzim akrosom (akrosin) yang dikeluarkan oleh kepala sel sperma akan membantu mempermudah sel sperma menembus zona pelusida. Nah ketika sel sperma telah bersentuhan atau dapat menembus permukaan sel telur, hal ini akan memicu oosit untuk mengeluarkan enzim lisozim yang akan mengubah sifat zona pelusida untuk mencegah penetrasi sperma dan menonaktifkan situs reseptor spesifik untuk sperma lain. Dapat disimpulkan bahwa ketika satu sel sperma mampu menembus zona pelusida, ovum akan mengkondisikan sehingga tidak ada sperma lain yang dapat membuahi oosit.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang :

Akrosom membantu sperma untuk pada https://brainly.co.id/tugas/6215358

#BelajarBersamaBrainly

[answer.2.content]